Sahabat Purnama

Rabu, 21 Oktober 2009

Hikmah Jual Beli Secara Ansuran Dalam Ekonomi Islam

Email : Tok Busu

"Wahai orang-orang beriman , apabila kalian bermuamalah (jual-beli, hutang piutang) tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kalian menuliskannya…" (Al-Baqarah :282)

Pada masa sekarang ini kita sudah maklum bahwa jual beli secara ansuran telah berkembang dengan pesat dan dilakukan oleh baik individu mahupun perusahaan termasuk industri perbankan syariah, dilakukan dengan cara seseorang atau perusahaan tsb membeli sesuatu dari pihak lain lalu menjualnya kembali dengan harga lebih mahal dari harga pembelian tunai kepada masyarakat dan cara pembayarannya mengansur per bulan s/d jangka waktu yang telah disepakati. Dalam literature kitab fiqih banyak yang memperbolehkan jual beli secara ansuran tsb.

Huraian hikmah dari mengapa diperbolehkannya jual beli secara ansuran dalam ajaran agama Islam semoga bermanfaat :

1.Selama jual beli secara ansuran tsb sesuai dengan syariat Islam iaitu terpenuhinya rukun dan syarat sahnya jual beli, jangka waktu pembayaran dan jumlah ansurannya diketahui dengan jelas maka jual beli ansuran tsb tidak terdapat gharar, penipuan maupun riba.

2.Memudahkan anggota masyarakat yang tidak mampu membeli barang secara tunai untuk memiliki suatu barang yang diinginkan. Kerana tidak semua orang mampu membeli barang yang diinginkan secara tunai.

3.Baik penjual dan pembeli memperoleh kemanfaatan dengan jual beli ansuran yakni penjual dapat memperoleh tambahan keuntungan sedangkan pembeli dapat membayarnya secara mudah /ringan dan sedikit demi sedikit.

4.Penjual diuntungkan dengan bertambahnya harga dan pembeli diuntungkan dengan adanya jangka waktu pembayaran.

Maha suci Engkau Ya Allah tidak ada ilmu padaku kecuali apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku

Wallahua'lam
Salam

blogcinaislam

Tiada ulasan: